Dasar-Dasar Pembuatan Objek pada OpenBVE
Part 1 - Membuat Objek Dengan Vertex Tingkat kesulitan: *** (sedang) Format penulisan skrip: untuk file .b3d
Ingin membuat objek sendiri tapi bingung bagaimana cara membuatnya?
Sangat disayangkan mengingat game ini mudah sekali untuk diotak-atik
bahkan oleh orang awam jika sudah paham dasarnya.
(Sedikit
Cerita) 18 Agustus 2012 lalu, salah seorang member grup mengadakan
lomba Screenshot OpenBVE dengan tema kemerdekaan. Banyak pengguna
OpenBVE baru yang ingin ikut berpartisipasi. Hanya saja, kriteria yang
dimasukan ke dalam lomba yaitu menambahkan bendera pada masing-masing
lokomotif yang akan difoto. Meskipun ada beberapa member tidak
menambahkan bendera, ada yang bertanya pada admin bagaimana cara
membuatnya. Admin sendiri bingung karena tidak mudah menjelaskan
melalui chatting Facebook
Nah, agar hal seperti diatas tidak
terjadi kembali, kali ini admin akan mengulas bagaimana cara
menambahkan objek atau membuat objek pada kereta atau lokomotif dengan
format file .b3d
1. Langkah Awal Persiapkan dulu perangkat lunak yang dibutuhkan, diantaranya:
A. Notepad
Jujur saja, admin sendiri cukup kaget ketika mengetahui bahwa Kereta
dan lokomotif yang begitu bagus dibuat dari aplikasi yang hampir tidak
kita sentuh saat menggunakan komputer! Tapi setelah tahu bahwa Train
Editor yang disediakan website BVE luar sudah tidak ada, maka admin
belajar dari sini. Jika Notepad dirasa kurang mendukung, silahkan
download Notepad ++ di
sini.
Versi stabil saat tulisan ini diterbitkan adalah versi 6.1.6. Notepad
++ mendukung aksi undo lebih dari 2 kali (tidak seperti notepad biasa
yang hanya mampu melakukan undo sekali) Namun jika kalian merasa Notepad
saja sudah cukup, ya tidak dipaksakan untuk mendownload Notepad ++
B. Object Viewer Dapat ditemukan di instalan OpenBVE. Tidak perlu waktu lama untuk mempelajari aplikasi ini. F7: Meload file objek OpenBVE
2. Saatnya Belajar Semua sudah lengkap? Mari kita belajar... Yang
pernah belajar koordinat, saatnya melatih kemampuanmu disini
Pembentukan objek dengan vertex sangatlah sederhana. Hanya saja perlu
ketelitian dan kesabaran untuk menulis sejumlah skrip.
Contoh Dasar pembuatan Skrip Vertex:
[MeshBuilder] Vertex (koordinat x),(koordinat y),(koordinat z) Face Color
Keterangan:
[MeshBuilder]
<<<< Gak boleh ketinggalan ama yang satu ini. Biarpun
kita sudah nulis skrip banyak-banyak tapi belum menulis yang satu ini
pada bagian kepala skrip, maka objek tidak akan muncul. [MeshBuilder]
seperti sebuah perintah untuk membuat sebuah objek dimana keterangan
seperti apa bentuk objek
Vertex <<< Salah satu perintah untuk membentuk objek 2 dimensi. Koordinat yang ditambahkan akan digunakan oleh
Face untuk mengetahui bagaimana garis batas objek dibentuk
Susunan koordinat yang ditulis pada vertex (sebenarnya) bisa dibuat
sedikit acak. Tetapi akan lebih mudah dipelajari jika disusun seperti
gambar di bawah berikut:
[MeshBuilder]
Vertex 0,0,-1 >> ini adalah koordinat titik 0 pada gambar
Vertex 0,1,-1 >> ini adalah koordinat titik 1 pada gambar
Vertex 1,1,-1 >> ini adalah koordinat titik 2 pada gambar
Vertex 1,0,-1 >> ini adalah koordinat titik 3 pada gambar
Face2 0,1,2,3 >> mengisyaratkan bahwa objek dibentuk berdasarkan
4 keterangan vertex diatas dimana urutan
titiknya adalah 0,1,2, dan 3
Mari kita artikan sedikit demi sedikit... Ibaratkan objek dibentuk oleh
garis batas antara masing-masing koordinat dan bagian yang dibatasi
itulah yang akan kita sebut objek. Setelah semua vertex telah ditentukan
posisinya, barulah tugas skrip 'Face' untuk menentukan bagaimana garis
batas itu dibentuk sehingga berbentuk objek seperti pada gambar
diatas. Part 1 selesai. Part 2 menyusul ya :)
Mohon maaf bila kalimat admin sedikit berantakan